ILMU SOSIAL DASAR
ILMU SOSIAL DASAR
Latar belakang dan ruang lingkup ilmu sosial dasar
ilmu-ilmu sosial
Telah kita ketahui semua sumber ilmu pengetahuan
adalah philosophia (filsafat). Baik ilmu-ilmu alam mupun ilmu-ilmu
social, biladi lihat dari perkembangannya, bermula dari ilmu filsafat, dari
filsafat itu kemudian lahirlah tiga cabang ilmu pengitahuan :
- Natural sciences (ilmu-ilmu alamiyah), yang meliputi : fisika, kimia, astronomi, biologi, botani dan lain-lain.
- Social sciences (ilmu-ilmu sosial), sosiologi,ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain.
- Humanitas,(ilmu-ilmu budaya) meliputi: bahasa, agama, kesusastraan, kesenian, da lain-lain.
- 2. ilmu social dasar
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program peljaran
baru yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan Ilmu Sosial Dasar ini
sejalan dengan relisasi perkembangan ide dan pembaruan system pendidikan yang
bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu-ilmu Sosial Dasar (ISD) ini dipergunakan
dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan
masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Melalui penelaan dan pendalaman
Subject-oriented.tersebut, proses pendalaman bidang- bidang ilmu menuju
spesialisasi keahlian telah berlangsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial dasar (ISD) tidak terdapat
perbedaan yang prinsipil sepanjang menyangkut konsep dasar atau pengetahuan
dasar ilmu-ilmu sosial. Perbedaan itu terjadi pada pendekatan bidang studinya
saja. Ilmu-ilmu sosial dasar bersumber pada konsep dasr ilmu-ilmu sosial yang
terintegrasi. ISD dipergunakan mencari pemecahan masalah kemasyarakat melalui
pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner ilmu-ilmu sosial. Di pihak
lain, pengantar-pengantar ilmu-ilmu sosial disajikan secara teoritis, yang
menyangkut ruang lingkup, metode dan sistematisasinya.
Latar belakang Ilmu Sosial Dasar (ISD) dimulai sejak
terjadinya kritik-kritik yang ditunjukkan pada system pendidikan di perguruan
tinggi oleh sejumlah cendikiawan, terutama sarjana pendidikan sosial dan
kebudayaan. Mereka menganggap system pendidikan yang tengah berlangsung saat
itu berbau colonial. Selain itu, masih merupakan warisan pendidiakn pemerintah
Belanda, yaitu kelanjutan dari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad
Theodore Van Deventer, untuk menghasilkan tenaga terampil tukang-tukang yang
mengisi birokrasi mereka dibidang adminstrasi, pedagang, tehnik dan keahlian
lain mengeksploitasi kekayaan Negara. Padahal tenaga ahli yang dihasilkan oleh
perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi
personal, akademik dan professional.
RUANG LINGKUP
PEMBAHASAN
Pembahasan tentang ruang lingkup di rumah saya
Di
lingkungan saya akhir-akhir ini sedang mengalami goncangan struktur organisai
RT, sudah hampir 2 tahun terakhir tidak mengadakan lomba 17 agustus, panggung
17-an, acara makan-makan, dan jalan-jalan dari RT. Karena RT seharus nya masa
aktif nya sudah habis tapi sejak dari 2 tahun terakhir tidak diganti karena
warga tidak ada yang mau jadi RT. Karena itu struktur organisasi nya tidak
aktif lagi. Karang taruna nya juga sama sekali tidak aktif, anak-anak muda nya
juga sudah tidak aktif lagi semenjak 2 tahun terakhir. Hanya posyandu nya saja
yang masih aktif sampai sekarang, pelayanan yang nomer 1 diberikan untuk balita
dari ibu, Tapi sungguh sayang nya adalah warga disekitar kurang menyadari ada
nya posyandu, dan tidak memanfaatkan adanya posyandu tsb dari mulai ada nya
penyuluhan tentang kesehatan balita, kesahatan lingkungan, penyuluhan kaki
gajah. Tapi semua itu diabaikan begitu saja.
Masalah-masalah yang adanya di sekitar lingkungan rumah.
Dilingkungan
rumah saya adalah susah nya warga akan kesadaran lingkungan, dan sudah sangat
jarang sekali mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar seperti,
selokan, jalanan-jalan, dan kali sekitar. Serta warga yang membuang sampah
sembarang di kali, maka dari itu kali disekitar rumah saya sudah sangat kotor,
kesadaran dari warga sudah sangat cuek sekali. Warga yang kurang perduli akan
kesadaran lingkungan sangat susah diajak kerja bakti dan dari ketua RT nya juga
sudah tidak aktif mengadakan kerja bakti tersebut.
Kemiskinan disekitar rumah.
Tidak terlalu
banyak warga miskin sekitar rumah hanya 10% saja.
Pendidikan disekitar rumah.
Semua
anak-anak disekitar rumah sudah sekolah dan tidak ada yang putus sekolah.
Kejahatan disekitar rumah.
Cukup aman hanya
sekali saja ada yang kehilangan kendaraan bermotor, itu adalah faktor lengah
nya keamanan.
Penganguran
Pengangguran
adalah ketidak mampuan bersaing dalam dunia kerja, dan ini menjadi
masalah serius untuk di beberapa negara berkembang. Biasanya penganguran
bertambah tapi tempat kerja tetap bahkan berkurang, dan penduduk yang dari desa
memadati ibu kota berharap mendapat kerja yang layak.
Keadilan
Keadilan
adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik
menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki
tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang
dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa
“Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana
halnya kebenaran pada sistem pemikiran” . Tapi, menurut kebanyakan teori juga,
keadilan belum lagi tercapai: “Kita tidak hidup di dunia yang adil”. Kebanyakan
orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan
sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan.
SUMBER:
http://devilmavioso.wordpress.com/update-post/tulisan/ilmu-sosial-dasar/
Casinos Nearby | Mapyro
BalasHapus· Is there a casino near me? · 당진 출장안마 What is there to do 강원도 출장안마 at a casino 거제 출장샵 near you?How much do you 양주 출장안마 spend at an Atlantic City 제주 출장마사지 casino?