Tips Tarikan Ringan Motor Matic
TIPS TARIKAN JOS MATIC.
Pasti
kalian yang punya motor matic khususnya mio thun 2010 kebawah tarikan motor
terasa lebih berat, tidak kuat ditanjakan, tarikan terasa ngempos tidak bertenaga,
tidak adanya tenaga pada saat tarikan awal. dan terasa si matic berasa lebih
boros tetapi tenaga yang keluar tidak sebanding. ini bisa jadi penyebabnya ada
di CVT, berikut gue akan bagikan sedikit
tips tentang si matic standard bisa jos gandos tarikannya. berikut adalah tips
dari gue:
MENGURANGI
BOBOT ROLLER CVT
Bobot atau berat roller harus dibuat lebih
ringan dari standarnya. Itu jadi trik utama biar mesin lebih responsif di
putaran rendah. Namun pengurangan bobot roller dari standarnya, enggak boleh
terlalu banyak. Pasalnya akan mempengaruhi performa motor matic di putaran
atas. Cukup turun 1 mata saja, misalnya dari 10 gram jadi 9 gram. kebanyakan
para anak-anak racing menombinasikan roller tersebut selang-seling, 11 dan 9
gram. ini adalah penjelasan gimana pake selingan roller.
MENGGUNAKAN
PER KAMPAS KOPLING YANG LEBIH KERAS
Dengan mengurangi bobot roller, maka makin
cepat bukaan pully. Efeknya terjadi pada kampas sentrifugal jadi ikut cepat
terangkat.Per kampas yang ada 3 buah, memiliki peranan penting di bagian ini.
Bila ketiga per tersebut lemah, maka bisa dipastikan kampas gampang slip dan
tenaga baru bisa dirasakan saat putaran mesin tengah ke atas. Biasanya solusi
yang diambil agar kampas kopling sentrifugal enggak mudah slip adalah mengganti
ketiga per standar itu jadi per yang lebih keras. Umumnya tersedia produk
aftermarket di pasaran.
MENGGUNAKAN
PER CVT RACING
Tanpa mengganti roller standar, mesin Motor
Matic bawaan pabrik juga bisa dibikin lebih bertenaga dan responsif, hanya
dengan melakukan penggantian per CVT standar dengan per CVT Racing. Per CVT
Racing bisa membantu mendongkrak performa mesin di rpm bawah. Beberapa pilihan
ukuran per CVT yang ada di pasaran bisa menjadi pilihan. Namun yang perlu
diperhatikan, untuk Motor Matic yang mesinnya masih standar, cukup menggunakan
per CVT ukuran 1.000 atau 1.500 rpm. Jika dari ukuran itu, malah akan membuat
tarikan Motor Matic kurang baik.
-
See more at:
Komentar
Posting Komentar