PERBANDINGAN VELG RACING (CAST WHEEL)
DAN VELG JARI-JARI (SPOKE WHEEL) PADA SEPEDA MOTOR
Pendahuluan
Perkembangan dunia
otomotif yang semakin pesat, sehingga menuntut industri-industri otomotif untuk
selalu mengedepankan kemajuan teknologinya masing-masing, Pemakaian alumunium
dan baja paduan khusus pada dunia otomotif juga terus meningkat, seiring
meningkatnya kendaraan bermotor di indonesia, banyak komponen otomotif yang
memakai baja paduan dan alumunium. Diantaranya adalah pelek pada sepeda motor.
Penggunaan alumunium dan baja paduan
pada komponen otomotif memiliki kekuatan dan kekerasan yang baik. Agar
aluminium mempunyai kekuatan yang baik biasanya logam amuminium dipadukan
dengan unsur-unsur seperti : Cu, Si, Mg, Zn, Mn, Ni, dan sebagainya. Agar besi mempunyai kekuatan yang baik sering
ditambahkan paduan, biasanya paduan yang
di pakai adalah unsur-unsur seperti : C, Cr, Mg, Si, Mn, Ni, Al, Co dan sebagainya. Pengembangan lebih banyak
memakai unsur karbon, karbon memegang peranan penting karena karbon memiliki
sifat yang dapat meningkatkan kekerasan, kekuatan dan kekuatan tarik. Dan
apabila di gunakan terus menerus dan selalu terkena beban yang selalu berat di
pastikan pelek tersebut akan mengalami
kerusakan pada jalan yang kasar atau
perubahan bentuk di dalam ukuran bagian-bagian pelek itu sendiri.
Latar Belakang
Velg atau rim adalah
lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang
pada kendaraan seperti mobil, sepeda motor. Pelek motor merupakan buatan dari
baja paduan menengah di karenakan dia Mengandung karbon 0,35%-0,55%C. Akan
tetapi baja karbon menengah yang digunakan untuk pembuatan pelek tidak lah
bersifat permanen kekuatannya, karena di
dalam kerjanya di dalam komponen kendaraan sepeda motor, pelek selalu berkaitan dengan gear untuk meneruskan
daya dari motor dan menahan beban dari jalan.
Tujuan
1. Agar
mengetahui kandungan material didalam jenis pelek racing dan pelek jari-jari
2. Agar
mengetahui kelebihan dan keuntungan memakai pelek racing dan pelek jari-jari
Pembahasan
Pelek merupakan komponen
yang penting pada sebuah kedaraan sepeda motor, pelek adalah bagian dari roda
yang berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan
oleh kondisi jalan. Sehingga diperlukan analisa perbandinga pelek jari jari
atau dengan pelek racing. Berdasarkan
pada hasil komposisi kimia pada benda uji pelek jari-jari dan pelek racing,
pada material pelek jari jari tersebut diklarifikasikan termasuk baja karbon
menengah jika dilihat pada nilai karbonnya, dikarenakan nilai karbonnya
berkisar antara 0,35% - 0,50% C, sedangkan pada pelek racing lebih banyak
menggunakan Alumunium.Pada pelek jari-jari 0,024% C dan 0,014% Si ,unsure
silicon dalam baja karbon menengah dapat meningkatkan kekerasan, kemampuan
diperkeras secara menyeluruh, tahan panas, tahan aus serta tahan karat,
menurunkan kemampuan tempa dan las. Kemudian unsure nikel (Ni) sebesar 0,015%
tidak begitu efektif dalam meningkatkan ketahanan panas saat bergesekan dengan
rantai. Unsur khrom (Cr) sebesar 0,024%
dapat mengontrol struktur butiran
pada saat bergesekan, tapi dalam mengontrol struktur butirannya tidak sebagus
pelek racing, karena unsur Cr pada pelek racing lebih rendah dari pelek
jari-jari. Selanjutnya unsur Mn dan Fe dengan kandungan 0,315% Mn dan 99,48%
Fe.Pada penggunaannya pelek jari-jari lebih tahan lama dibandingkan dengan
pelek racing, dilihat dari hasil uji kekerasannya yang memiliki nilai lebih
tinggi pelek jari-jari.
Kita membahas velg jari-jari terlebih
dahulu..
Velg
Jari-Jari (Spooke Wheel)
Velg jenis ini yaitu jari
jari atau ruji itu memiliki bagian utama agar bisa digunakan diantaranya yaitu
velg, ruji /jari jari dan tromol. Untuk velg jenis yang satu ini biasanya
digunakan pabrikan untuk motor yang masih mengusung mesin 110 cc dan 125 cc
atau di tahun 2009an .Ya velg ruji atau jari jari ini memiliki daya tahan yang
lumayan cukup kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau jalan yang banyak
lubang. Karena kekuatan velg yang tinggi maka velg jenis ini juga banyak
digunakan untuk balapan road race, off road dan juga motocross. Untuk motor
cross memang kebanyakan menggunakan velg jari jari dikarenakan memang medan
yang dilalui kebanyakan yaitu lumpur, bebatuan dan sebagainya sehingga
dibutuhkan velg yang kokoh dan kuat.
Saat berkendara kemudian
terjadi benturan keras dengan lubang yang cukup besar kemungkinan yang akan
terjadi pada velg tersebut yaitu bengkok saja pada bagian velgnya tidak sampai
patah ya walaupun ada juga yang patah tapi tergantung bahan pada velg yang digunakan.
Ya walaupun bengkok tapi masih bisa diperbaiki yaitu dengan di press ulang
menggunakan mesin ,maupun diganti velg dengan yang baru. Selain kuat velg jenis
jari jari ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dari velg racing ,nah
itulah alasan beberapa pembalap road race menggunakan velg jari jari ,apalagi
ajang balap di trek lurus (drag race) maka dibutuhkan motor yang kenceng dan
enteng untuk dipacu dilintasan jalan yang lurus. Sedangkan jika anda ingin
memasang ban tubeless di velg jari jari maka tidak bisa langsung dipasang
melainkan anda harus memodifikasi /diakali terlebih dahulu agar bisa dipasang.
Sebagian pengguna motor
ada yang berpendapat bahwa velg dengan model ini kurang keren dan juga memiliki
kekurangan yaitu susah untuk mencucinya karena membutuhkan kesabaran dalam
membersihkan setiap ruji satu persatu, kalau ada yang terlewat tentunya bisa
terjadi karat (apa lagi musim hujan). Sedangkan jika ingin mengganti maka harus
mengganti satu set dan harus disetel ulang agar bisa digunakan dalam hal ini
tentunya lumayan cukup memakan waktu . untuk velg jenis spoke wheel ini kurang
stabil jika terjadi hard breaking maupun digunakan untuk selap selip/zig zag/
manuver selain itu juga pada bagian bearing (laher ,laker) lebih cepat obal
Velg Racing (Cast Wheel)
Velg ini banyak
digunakan karena praktis, untuk yang menggunakan velg jari jari pun lebih mudah
kalau mengganti dengan yang baru karena gak serepot dengan velg jari jari. Anda
cukup membeli unit velg maka sudah bisa langsung di pasang di motor , sedangkan
untuk velg jari jari anda harus membeli ruji, tromol dan velgnya itu sendiri.
Velg Cast wheel ini
dalam bagian bearing tidak mudah aus sehingga lebih awet ditambah lagi velg
racing jenis ini lebih stabil jika digunakan untuk bermanuver dan digunakan
untuk hard breaking. Selain stabil velg jenis ini juga memiliki tampilan yang
cukup keren dan lebih mudah dalam perawatannya misalnya dalam mencuci velgnya. Karena
kestabilan yang lebih baik sehingga velg jenis ini banyak digunakan untuk ajang
balap road race, dan sirkuit ,sedangkan jika anda ingin menggunakan ban
tubeless maka tidak perlu mengakali lagi karena tinggal pasang saja.
Namun velg jenis ini
biasanya memiliki harga yang lumayan cukup mahal dibandingkan dengan velg jenis
jari jari atau spoke wheel. Untuk dari segi kekuatan velg ini masih dibawah
velg jari jari itu artinya kekuatannya masih bagusan velg jari jari . Nah
pernahkan anda melihat velg racing hancur saat terjadi crash (walaupun hancur
tersebut disebabkan karena benturan yang keras) nah jika mengalami kerusakan
pada velg racing maka tidak bisa diperbaiki lagi harus membeli yang baru,tapi
jika mengalami kerusakan ringan maka masih bisa di press . Selian itu juga velg
racing ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg jari jari
Kesimpulan :
Kelebihan Menggunakan Velg Jari jari /Ruji
:
1. Velg
lebih ringan
2. Velg
lebih luat
3. Dalam
membeli bisa diecer, misalnya membeli rujinya , velgnya atau tromolnya saja.
4. Memiliki
harga yang cukup terjangkau alias murah
5. Bisa
disetel ulang jika terjadi kerusakan misalnya bengkok
Kekurangan Menggunakan velg Jari jari
/ruji :
1. Untuk
kestabilan kurang maksimal
2. Tampilan
kurang keren alias stylenya kurang sporty *tapi tergantung selera
3. Boros
bearing karena velg jenis jari jari biasanya gampang rusak dibagian ini tapi ya tergantung pemakaian juga
4. Rawan
terjadi karatan apa bila tidak benar benar bersih dalam melakukan perawatan
velg jari jari ini.
5. Kekurangan
yang lain yaitu susah dalam melakukan pencucian atau membersihkan velg jari-jari ini.
Kelebihan Velg Racing / Cast Wheel
1. Memiliki tampilan yang
keren
2. Bisa langsung dipasang
menggunakan ban tubeless
3. Memiliki kestabilan
yang bagus
4. Praktis dalam
pemasangan
5. Lebih mudah dalam
melakukan perawatan
6. Tidak murah cepat
rusak untuk bagian bearingnya
Kekurangan Velg Racing / Cast Wheel
1.
Harga velg lebih mahal
2.
Bobot velg lebih berat
3.
Lebih rentan penyok jika terkena lubang *tergantung kualitas
4. Jika velg penyok maka mau gak mau harus diganti , apabila penyot
dikit masih bisa di press tapi kalau sudah penyok besar maka tidak bisa di
press
5.
Tidak bisa diecer alias kalau rusak beli satu set velg
Jadi dapat disimpulkan
bahwa kekerasan velg jari-jari lebih kuat dibandingkan velg racing, dikarenakan
komposisi kimia kadar karbon dan silikonnya lebih besar dibandingkan dengan
velg racing . kadar karbon yang tinggi dapat menaikan kekuaran dan kekerasan
material. Sedangkan unsur silicon mempunyai sifat ketahanan aus, dan ketahanan
terhadap panas dan karat. Tapi semua itu dikembalikan lagi terhadap cara
pemakaian pengendaran, atau selera setiap orang. Apakah cocok memakai velg
racing atau menggunakan velg jari-jari. Kalo tidak mau susah untuk perawatannya
pasti menggunakan velg racing, kalo ingin kuat dan tahan lama pasti menggunakan
velg jari-jari tapi tentu perawatan velg jari-jari harus lebih ketimbang velg
racing.
Referensi :
Analisa karakteristik material spoke wheel
dengan cast wheel pada pelek sepeda motor
Sasi Kirono, Adi Purnomo Universitas
Muhammadiyah Jakarta, Jurusan Teknik Mesin
Komentar
Posting Komentar