Perbandingan Lampu LED (Light-Emitting Diodes) dengan HID (High Intensity Discharge)

Perbandingan Lampu LED (Light-Emitting Diodes) dengan HID (High Intensity Discharge)
Pendahuluan
Lampu adalah sebuah peranti yang memproduksi cahaya. Kata "lampu" dapat juga berarti bola lampu. Lampu pertama kali ditemukan oleh Sir Joseph William Swan. Lampu sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari kita, tidak hanya pada rumah, industry, dan tempat-tempat lainnya. Lampu disini juga sangat berguna untuk kedaraan bermotor, seperti mobil, truck, dan sepeda motor. Sangat penting sekali komponen ini digunakan pada malam hari, kebayang kan kalo malem hari tidak adanya lampu di kendaraan, apalagi untuk yang suka berkendara malam. Terdapat beberapa jenis lampu pada kendaraan yaitu Halogen, LED, dan HID. Terdapat banyak merk yang menyediakan berbagai macam keunggulan di tiap produknya. Seperti akan saya bahas kali ini lampu LED (Light-Emitting Diodes) dengan HID (High Intensity Discharge). Perbedaan disetiap tipe dari jenis lampu tersebut.

Pembahasan
LED atau Light-Emitting Diodes terdiri dari sebuah chip bahan semikonduktor seperti silikon didoping dengan kotoran untuk membuat persimpangan dikenal sebagai P-N. Dalam produksi semikonduktor, doping adalah pengenalan disengaja kotoran dalam bahan semikonduktor murni sehingga dapat mengatur sifat listriknya. Di sisi lain, persimpangan pn adalah batas antara dua jenis bahan semikonduktor yang dikenal sebagai tipe-p dan tipe-n. Ketika arus listrik melewati dioda pemancar cahaya, elektron bergabung kembali dengan lubang dalam perangkat untuk melepaskan energi dalam bentuk foton untuk menghasilkan cahaya. Proses ini dikenal sebagai electroluminescence dan merupakan fenomena listrik di mana cahaya dipancarkan oleh materi ketika am arus listrik melewatinya. Keuntungan utama dari LED adalah bahwa mereka bertahan lebih lama daripada HID atau halogen lampu dan mengkonsumsi daya yang lebih rendah daripada yang terakhir. Mereka juga menyala langsung seperti lampu HID yang harus pemanasan selama sekitar 15 - 25 detik ketika diaktifkan. Namun kekurangannya LED tidak seterang lampu HID dan daya fokus yang relatif lebih rendah dibanding sinar Lampu HID.

Lampu HID atau High Intensity Discharge atau dikenal juga sebagai lampu xenon menghasilkan cahaya dengan cara busur listrik. Dua elektroda tungsten disimpan di dalam leburan kuarsa atau alumina tabung transparan atau tembus. Tabung ini diisi dengan gas xenon, garam logam dan tegangan yang sangat tinggi dialirkan antara elektroda untuk menghasilkan busur. Busur memanaskan dan menguap garam logam membentuk plasma. Busur menghasilkan cahaya yang intensitasnya meningkat oleh plasma yang juga menurunkan konsumsi daya. Cahaya yang dihasilkan jauh lebih intens dibandingkan dengan halogen atau lampu neon. Setiap Lampu HID membutuhkan perangkat yang dikenal sebagai Ballast. Ballast adalah sebuah resistor atau kapasitor yang dimasukkan ke dalam rangkaian untuk mengatur tegangan yang dipasok ke kapsul gas di dalam lampu. Sesuatu yang mencengangkan tentang Lampu HID adalah bahwa mereka secara bertahap mencapai kecerahan penuh ketika diaktifkan. Para pemilik kendaraan juga dapat meng-upgrade lampu halogen dengan HID Conversion KIT. HID KIT hadir dalam berbagai jenis dan temperatur warna cahaya yang disebut kelvin. Lampu HID dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang daripada lampu halogen biasa dengan konsumsi daya yang lebih sedikit.

LED (Light-Emitting Diodes)

HID (High Intensity Discharge)
Kelebihan
Kekurangan
Kelebihan
Kekurangan
Rendah watt (hanya 18 watt)
Beberapa lampu tidak tembus hujan
Tampilan jadi semakin keren.
Harganya yang Mahal
Umur yang panjang bertahan hingga 30.000-50.000 jam
Cahaya tidak maksimal ketika cuaca terik
Tampang berbeda sari standartnya.
Umur yang pendek bertahan hingga 3.500 jam saja
Mempunyai berbagai pilihan warna untuk lampu senja
sinar putihnya seperti ditelan kelamnya aspal yang hitam
Sorot lampu lebih terang.
Jika salah pasang bisa konslet.
Pancaran cahayanya yang dingin
LED membutuhkan kelistrikan yang konstan. Oleh karena itu penggunaan LED wajib menggunakan arus DC, jika tidak maka akan memperpendek umur LED
HID dan daya fokus yang relatif lebih rendah dibanding sinar Lampu HID.
Garansi hangus
aman terhadap reflektor karena tidak menghasilkan panas berlebih


Terlalu banyak nya komponen pendukung yang dipasang di HID




Sumber :

Komentar

Postingan Populer