#Multimedia_April..

MODEL JARINGAN END-TO-END


Gambar dibawah ini adalah diagram jaringan pelayanan ADSL end-to-end. Ada tiga bagian utama di dalam diagram : pelanggan, jaringan akses ADSL, dan jaringan penyedia layanan.
Gambar Struktur dari Pelayanan ADSL


TEKNOLOGI ADSL
Kode Jalur

Diserete Multi-Tone (DMT) sudah ditetapkan sebagai line code (kode jalur) untuk digunakan di dalam penstransmisian sistem ADSL. DMY juga cocok untuk mengatasi adanya derau dan impuls yang biasanya ada pada jaringan telepon perumahan yang menggunakan twisted wire pair. DMT membagi kanal menjadi beberapa sub kanal, setiap kanal dimodulasikan dengan QAM pada pembawa yang berbeda. Frekuensi pembawa adalah kelipatan dari satu frekuensi dasar. Spektrum yang tersedia berkisar antara 20 KHz sampai 1.104 MHz, sedang yang rendah (20 KHz dicadangkan sebagai pelayanan suara(POTS/Plain Old Telephone service) ). Derau dan kondisi kanal akan selalu diukur oleh masing-masing nada secara terpisah, untuk mendaparkan transmisi yang optimal di setiap waktu. Untuk mendukung kanal dua arah, modem ADSL membagi lebar bidang yang tersedia dengan teknik FDM (Frequency Division Multiplexing).


Ø  Kekurangan ADSL.
Teknologi ADSL memiliki keterbatasan dalam hal jarak maximal dari kabel, yaitu 6000 feet(1.820 meter). Apabila jarak melebihi standart ADSL , maka koneksi tidak dapat dilakukan. Namun dalam prakteknya biasanya tidak sampai 1.820 meter pun sudah tidak bisa berjalan dengan baik, hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti noise, tipe konektor, dan lain sebagainya.

Ø  Kelebihan ADSL.
Kelebihan teknologi ini adalah :
Kelebihan teknologi ini adalah :
1. Data dapat terakses dengan cepat.
2.Mempunyai dua frekuensi : frekuensi tinggi untuk mengantar data dan frekuensi tinggi untuk sound atau fax.
3.Biaya murah.

Sumber
1. Dermawan Candra. 2003. Menengok Perkembangan Teknologi Broadband ADSL. Kuliah Umum Ilmu Komputer.
2.   Haryanto., dan Jati Handaru. 2001. Pemanfaatan Teknologi ADSL
(Asymmetri c Digital Subs cri be Line) Pada Jaringan Komunikasi.  Pakar Vol  2. No. 1.
3.  Indriaswari Y Tri. Visualisasi Sistem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) dengan Menggunakan Modulasi Qam (Quadrature Amplitude Modulation ). Jurusan Teknik Elektro : Universitas Diponegoro Semarang

SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
Pengertian SDSL
Symmetric Digital Subscriber Line adalah layanan akses Internet kecepatan tinggi dengan pencocokan upstream dan downstream kecepatan data. Artinya, data dapat dikirim ke Internet dari mesin klien atau diterima dari Internet dengan ketersediaan bandwidth yang sama di kedua arah. Dari fitur ini kita bisa tahu bahwa layanan ini sangat baik dari segi kecepatan.
Biasanya, layanan DSL adalah asimetris (ADSL), dengan sebagian besar bandwidth yang disediakan untuk menerima data, tidak mengirimnya. Layanan SDSL biasanya digunakan oleh perusahaan dengan kehadiran kebutuhan Web, VPN, extranet atau intranet. Dalam kasus ini client server mungkin diperlukan untuk meng-upload sejumlah besar data ke Internet secara teratur. ADSL akan lambat dan tidak memadai untuk tujuan ini, karena bandwidth yang tersedia untuk upload biasanya kurang dari 1 megabit per detik (mbps). Bandwidth yang SDSL bisa setinggi 7 mbps di kedua arah.

Cara kerja SDSL.
layanan DSL adalah asimetris (ADSL), dengan sebagian besar bandwidth yang disediakan untuk menerima data, tidak mengirimnya. Layanan SDSL biasanya digunakan oleh perusahaan dengan kehadiran kebutuhan Web, VPN, extranet atau intranet. Dalam kasus ini client server mungkin diperlukan untuk meng-upload sejumlah besar data ke Internet secara teratur. ADSL akan lambat dan tidak memadai untuk tujuan ini, karena bandwidth yang tersedia untuk upload biasanya kurang dari 1 megabit per detik (mbps). Bandwidth yang SDSL bisa setinggi 7 mbps di kedua arah.
Sebuah penawaran penyedia layanan SDSL menawarkan nilai yang berbeda untuk berbagai harga. Semakin cepat laju data, semakin mahal harga layanannya. Biasanya, kontrak jangka panjang yang diperlukan untuk layanan SDSL terlepas dari kelas yang dipilih.

Kekurangan SDSL.
Berikut adalah beberapa point kekurangan dari penggunaan SDSL
1.     Jika tidak menggunakan sistem anti petir (grounding) yang baik maka akan boros modem (terkena petir terus).
2.   Kabel diputus orang lain.
3.   Modemnya lebih mahal dari modem ADSL.
4.    Hanya dapat digunakan pada saluran sepanjang 10 kft.

Kelebihan SDSL.
1.   Bandwidth yang disalurkan simetrik dalam arti kecepatan upload dan download sama sesuai paket layanan yang pelanggan pilih sebelumnya.
2.      Delay rendah.
3.  Tidak bergantung dan tidak mengganggu pada saluran telepon yang ada.
4. Sistem point to point antara ISP dengan Pelanggan, sehingga teknis bandwidth tidak terbagi (ini juga tergantung kebijakan dari ISPnya).

Gambar Konfigurasi SDSL

Sumber :
http://chordslagukita.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-sdsl.html



WiFi (Wireless Fidelity)
http://www.rbwmfreewifi.com/


Sebelum kita masuk pada sub bab WiFi, ada baik nya kita memahami mengapa dibentuknya sebuah jaringan?. Jadi kebutuhan akan jaringa itu sangat penting untuk sharing resources seperti printer, HD sebagai alat komunikasi seperti email, chatting, dan intergrasi antar data pada aplikasi. Adapaun kerugian yang akan kita hadapi pada jaringan jaringan computer seperti ancaman keamaanan data atau informasi (hacking), ancaman virus, dan masih banyak lagi. Internet masuk pada era 1990, sedangkan teknologi WiFi digunakan secara komersil pada bulan agustus tahun 1999.
Pengertian WiFi
WiFi (wireless fidelity) apasih pengertian wireless? Kita telah mengetahui dan mengenal tentang Local Area Network (LAN), Dimana ia merupakan jaringan yang terbentuk dari gabungan beberapa komputer yang tersambung melalui saluran fisik (kabel). Seiring dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan untuk akses jaringan yang mobile (bergerak) yang tidak membutuhkan kabel sebagai media tranmisinya, maka muncullah Wireless Local Area Network (Wireless LAN/WLAN). Jaringan lokal tanpa kabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal tanpa kabel dimana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR),
Kelebihan yang ditawarkan oleh penggunaan wireless
a. Mobilitas
1.  Bisa digunakan kapan saja.
2. Kemampuan akses data pada jaringan wireless itu real time, selama masih di area hotspot.

b. Kecepatan Instalasi
1.  Proses pemasangan cepat.
2. Tidak perlu menggunakan kabel.

c. Fleksibilitas Tempat
1.  Bisa menjangkau tempat yang tidak mungkin dijangkau kabel.
Banyak keuntungan yang ditawarkan pada wireless.

Wireless Fidelity (WiFi). WiFi merupakan bentuk pemanfaatan teknologi Wireless Local Area Network (WLAN) pada lokasi-lokasi publik dengan standar pengambangan IEEE 802.11 antara lain IEEE 802.11.b;802.11.a; dan 802.11.g. Pada awal perkembangannya teknologi WiFi identik dengan standar IEEE 802.11.b yang memiliki kemampuan transmisi data sampai 11 Mbps pada pita frekuensi 2,4 GHz, hal ini dikarenakan teknologi dengan standar ini yang berkembang sangat pesat. Teknologi WiFi memiliki keterbatasan dalam hal coverage area yaitu sebesar radius 100 m. (Wireless Fidelity) atau Wi-Fi adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan (WAN). (Wikipedia).

Cara Kerja WiFi

Bagaimana cara kerja sebuah computer dapat berhubungan satu dengan computer lainnya? Tanpa menggunakan kabel atau kontak langsung dengan computer tersebut? yaa salah satu dengan menggunakan wireless Findelity.
Untu menjalankan sebuha jaringan WiFi dibutuhkan tiga komponen utama yaitu :
1.    Sinyal Radio
2.  Format Data
3.  Struktur jaringan atau network
Dalam ketiga komponen utama ini masing-masing berdiri sendiri-sendiri dalam cara kerja dan fungsinya. Seperti yang sudah dijelaskan pada page sebelumnya#Multimedia_April. 7 model lapisan OSI (Open System Connection).
Sinyal Radio (komponen pertama), bekerja pada physical layer, atau lapisan fisik. Lalu Format Data atau Data Format mengendalikan beberapa lapisan diatasnya dan struktur jaringan berfungsi sebagai alat untuk mengirim dan menerima sinyal radio.Lebih jelasnya, cara kerja wireless LAN dapat diumpakan seperti cara kerja modem dalam mengirim dan menerima data, ke dan dari internet. Saat akan mengirim data, peralatan-peralatan Wireless tadi akan berfungsi sebagai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. Lalu saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebagai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa dimengerti dan diproses oleh komputer.

Setelah kita ketahui cara kerja WiFi selanjutnya kita akan mengetahui kegunaan WiFi selain untuk internetan saja, ternyata ada fungsi lain selain untuk internetan :
1.         Mensinkronisasi telepon Anda dengan PC tanpa USB
Aplikasi remote memungkinkan iTunes dan Apple TV harus dikendalikan menggunakan iPhone, iPod touch, atau iPad melalui jaringan Wi-Fi. Kita dapat memilih playlist lagu yang terdapat pada device iPhone kita. Gmote Android berubah menjadi remote control untuk komputer, memungkinkan bagi anda yang memang malas untuk langsung berinteraksi dengan PC/Laptop Anda. Tapi sekali lagi hanya bisa menggunakan HP yang sudah Support.
2.        Mentransfer foto dari kamera digital
Kartu Eye-Fi adalah kartu memori tanpa nirkabel. Ini pada dasarnya adalah persis seperti kartu SDHC-tetapi dengan manfaat yang fantastis ketika kamera sedang dalam jangkauan jaringan tertentu, foto dan video akan tertransfer ke komputer/laptop kalian.
3.        Streaming film ke TV
Wi-fi memiliki potensi untuk menjadi hiburan masa depan rumah! Media server dapat streaming video melalui Wi-Fi untuk setiap HTPC lainnya, Xbox / Playstation-diaktifkan TV di rumah. Ada sejumlah sistem operasi, aplikasi, dan protokol untuk mendapatkan film secara nirkabel dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
4.        Share file dengan komputer lain
Penyedia penyimpanan file online - seperti Dropbox - memungkinkan foto, dokumen, dan video mana saja dan berbagi dengan mudah menggunakan jaringan Wi-Fi jika kedua pengguna memiliki account Dropbox. Ini merupakan metode (dan lebih aman) alternatif daripada menggunakan 'shared folder'.
5.        Untuk keamanan
Aplikasi seperti Find My iPhone menggunakan Wi-Fi untuk mencari iPhone kita jika lupa meletakannya atau jika dicuri. Keberadaan perangkat dapat dipantau melalui Wi-Fi. Untuk yang tidak menggunakan iPhone, aplikasi seperti Prey bisa kita gunakan. Prey akan mencari lokasi (melalui laptop/komputer) dimana hp kita berada dan jika dicuri apa yang sedang dilakukan oleh si pencuri oleh hp kita.

Sumber :
1.       Awaludin Asep. 2008. Pengertian dan Cara Kerja WiFi. Ilmuti.org
2.      Assidiq F Hikmah. Kupas Tuntas WiFi. Tanggerang : Surya University
3.  Purnomowati B Endah. 2008. Integrasi Wireless Fidelity (WiFi) pada jaringan Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) Jurnal EECCIS
4.       Hartono Puji. Jaringan Komputer.
5.  Rudi Hartono, S.Si, dan Agus Purnomo, S.Si. 2011. Buku Wireless Network. Jurusan Teknik Informasi : Universitas Sebelas Maret. 

Hal-hal yang dapat mengganggu sinyal WiFi

Gangguan pada sinyal WiFi mungkin sangat menjengkelkan apalagi kita sedang mendownload sebuah streaming, atau bermain game online dan harus mendapatkan bandwith yang sedikit. Tapi tahukah kita gangguan apa saja yang dapat mengganggu sinyal WiFi kita?

Berikut adalah gangguan-gangguan yang dapat menggaggu sinyal WiFi
1.    Cuaca
Cuaca merupakan faktor dari gangguan pada sinyal WiFi kita. Apakah cuaca tengah berawan tebal? Atau bahkan terdapat beberapa kilat sesekali? Muatan listrik yang dibawa oleh kilat selain berbahaya juga dapat menganggu benda-benda elektronik, termasuk router wi-fi. Bahkan, jika Anda tidak menggunakan wi-fi dan menggunakan sambungan seluler, hal tersebut juga dapat terganggu oleh kilat, dan bahkan memiliki potensi bahaya karena dapat menarik kilat.

2.   Absorption ( Penyerapan/Peredaman Sinyal )
Seperti diketahui semakin besar Amplitudo gelombang (Power) Semakin jauh sinyal wifidapat memancar. Ini baik karena dapat menghemat acess point dan menjangkau lebih luas. Dengan mengurangi besar amplitudo (Power) suatu sinyal, maka jarak jangkauan sinyal wifi tersebut akan berkurang. Faktor yang mempengaruhi transmisi wireless dengan mengurangi Amplitudo (Power) disebut Absorption (Penyerapan sinyal). Efek dari Penyerapan adalah panas. Masalah yang dapat dihadapi ketika sinyal wifi di serap seluruhnya adalah, sinyal berhenti. Namun efek ini tidak mempengaruhi/ merubah panjang gelombang dan frekuensi dari sinyal tersebut.
Anda pasti bertanya-tanya, benda apa yang dapat menyerap sinyal wifi. Tembok, dan karpet dapat menyerap/meredam sinyal wifi. Benda yang dapat menyerap/meredam suara dapat meredam sinyal wifi.

3.   Pemecahan Sinyal / Scattering
Isu dari pemecahan sinyal terjadi saat sinyal dikrim dalam banyak arah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa objek yang dapat memantulkan signal dan ujung yang lancip, seperti partikel debu di air dan udara. Ilustrasinya dalah menyinari lampu ke pecahan kaca. Cahaya akan dipantulkan ke banyak arah dan menyebar. Dalam skala besar adalah bayangkan saat cuaca hujan. Hujan yang besar mempunyai kemampuan memantulkan sinyal. oleh karena itu disaat Hujan , sinyal wireless dapat terganggu.

4.    LOS (Line of Sight)
LOS merupakan sebuah kondisi dimana pada area yang berupa garis lurus antara pemancar sinyal dan penerima tidak terhalang oleh benda atau sesuatu apapun. Kesempatan mendapat sinyal yang kuat bisa kita dapat jika penghalang atara kedua perangkat masih berukuran kecil, bahkan tidak ada sama sekali (ini lebih baik). Jenis material yang menghalangi juga sangat menentukan.

Sumber :


Komentar

Postingan Populer